Cari Blog Ini

Optimasi dan Menjelajahi fitur browser Opera 10 (bagian 1)

on Senin, 19 Oktober 2009

Optimasi dan Menjelajahi fitur browser Opera 10 (bagian 1)


Tutorial Optimasi Opera 10

Tutorial Optimasi Opera 10

Pusatgratis - Melanjutkan dari Posting sebelumnya mengenai Opera 10 : Browser Berkecepatan Turbo, kali ini akan saya bagi Tips optimasi sekaligus menjelajahi fitur browser Opera 10 secara lebih detail dan mendalam. Jika anda belum mempunyai Opera 10, silahkan download disini. Setelah membaca tutorial ini, diharapkan anda bisa menggunakan semua fitur terbaru di Opera 10 dengan optimal. Berikut ini saya bagi Tips optimasi sekaligus saya ajak menjelajahi semua fitur unggulan di browser Opera 10 secara lebih detail dan mendalam :

A. Opera Turbo

Opera Turbo adalah fitur Opera 10 yang memungkinkan anda untuk mengakses sebuah halaman situs hingga 2 kali lebih cepat dengan menggunakan kompresi data hingga 80%. Selain bisa mengakses halaman dengan lebih cepat, Fitur Opera Turbo juga bisa menghemat kuota anda, bagi pengguna internet dengan volume based yang terbatasi kuota, tentu fitur ini bisa banyak menghemat biaya.

Kompresi data yang tinggi bisa mempercepat kecepatan akses internet bagi pengguna internet dengan kecepatan yang pas – pasan.

Secara default, opera 10 mematikan fitur opera turbo ini. Untuk mengaktifkannya ada 2 cara:
silahkan klik Tools -> Quick Preferences -> centang Enable Opera Turbo

Mengaktifkan Opera Turbo

Mengaktifkan Opera Turbo

klik icon bergambar speedometer di toolbar Opera sebelah kiri bawah yang bergambar speedometer.

Mengaktifkan Opera Turbo Melalui Icon Speedometer

Mengaktifkan Opera Turbo Melalui Icon Speedometer

Keuntungan mengaktifkan Opera Turbo :

  • Load halaman web lebih cepat
  • ukuran halaman web lebih kecil karena terkompresi hingga 80% sehingga hemat kuota volume data
  • Video dan content flash baru akan di load saat anda klik, sehingga menghemat waktu load dan kuota.
  • cocok untuk pengguna dengan koneksi internet 100 kbps kebawah.

Namun ada konsekuensi dari penggunaan Opera Turbo ini, yaitu menurunnya kualitas gambar yang ditampilkan. Tapi anda tidak perlu khawatir karena anda bisa klik kanan gambar dan pilih Reload Image in Full Quality.

Reload Gambar Dengan Kualitas Maksimal

Reload Gambar Dengan Kualitas Maksimal

Saat opera Turbo aktif, maka icon di toolbar kiri bawah yang bergambar speedometer akan berwarna hijau, dan saat anda membuka sebuah halaman..anda bisa mngetahui berapa kali optimasi ukuran dan kecepatan yang berhasil ditingkatkan.

Opera turbo ini bisa anda setting secara manual atau anda setting otomatis. untuk menyettingnya klik saja tanda panah di icon bergambar speedometer di toolbar kiri bawah tersebut dan pilih Configure Opera Turbo. Pilih Automatic jika anda ingin Opera Turbo otomatis aktif saat koneksi anda lemah dan otomatis mati saat koneksi anda cepat.

Klik Panah di Icon Speedometer dan pilih Configure Opera Turbo

Klik Panah di Icon Speedometer dan pilih Configure Opera Turbo

Pilih Auotomatic, on atau off

Pilih Automatic, on atau off

B. Opera link

Opera link adalah fitur di Opera 10 yang memungkinkan anda untuk melakukan data sharing dengan semua komputer dan device anda. Dengan Opera link anda bisa melakukan Synchronize bookmark anda, speed dial, notes serta informasi browser lainnya yang berguna. Dengan opera Link anda bisa melakukan Sinkronisasi data – data tersebut antara komputer dan device yang satu dengan yang lainnya.

Ini berarti anda bisa menikati Opera dari komputer dan device manapun layaknya Opera anda di rumah, dengan settingan bookmarks, personal bar, Typed history, speed dial, notes dan searches yang sama. Anda cukup melakukan sinkronisasi secara Online dan settingan opera anda akan tersimpan di server opera dengan aman. Anda bisa anda menikmati settingan Opera anda dimanapun anda berada, dari komputer dan device manapun. Menarik bukan? berikut ini cara memanfaatkan fitur ini :

SYNCHRONIZE DARI KOMPUTER ANDA

1. Buka opera 10 anda
2. klik File -> Synchronize Opera

Klik File dan Pilih Synchronize Opera

Klik File dan Pilih Synchronize Opera

3. Jika anda belum pernah melakukan synchronize, maka silahkan daftar account dahulu secara gratis dengan klik Sign Up

Sign Up untuk daftar gratis jika belum memiliki account di Opera Link

Sign Up untuk daftar gratis jika belum memiliki account di Opera Link

4. Masukkan data – data anda seperti username, password dan email anda. Kemudian centang I Accept the Licence Terms dan Klik Sign Up

Accept Terms

Isi data - data, centang I Accept Terms The Licenced Terms dan klik Sign Up

5. Pilih yang akan anda sinkronisasi dengan melakukan centang di sub menu Opera Link Option kemudian klik Log In

Log in

Log in

6. Setelah itu Opera akan mensinkronisasikan dan menyimpan setiap data sinkronisasi anda, sehingga jika nantinya anda browsing dari komputer lain atau device yang lain, maka anda bisa load settingan dan semua data sinkronisasi tersebut dengan mudah.

Setelah anda log in di opera link tersebut, maka akan ada tanda icon hijau di kiri bawah browser anda yang menandakan bahwa anda sedang log in. Icon ini akan berubah warna menjadi abu – abu setelah anda Log out dari opera Link dan akan berubah menjadi merah ketika ada masalah dengan koneksi anda dan server Opera link. Opera akan terus melakukan Sinkronisasi data – data anda hingga anda Log Out dari Opera link.

SYNCHRONIZE DARI MOBILE PHONE ANDA

Selain browser untuk Komputer, Opera juga memiliki browser untuk Mobile Phone dengan berbagai platform yang disebut Opera Mini. Hebatnya, synchronize browser opera juga bisa anda lakukan di browser mobile phone anda. Jika anda belum memiliki Opera Mini, silahkan download disini dan install di mobile phone anda. Untuk melakukan sinkronisasi dari mobile phone anda, berikut ini saya berikan tutorialnya :
1. Buka Opera Mini
2. Di halaman utama opera (start page) klik Synchronize Opera yang terdapat di bawah start page
3. Jika anda sudah memiliki account, anda bisa langsung login. Namun jika belum..silahkan daftar gratis dengan klik Sign Up dan daftarkan data – data anda.
4. Setelah terdaftar, masukkan Username dan password anda kemudian klik log In
5. Opera mini akan melakukan sinkronisasi dan menyimpan data – data sinkronisasi anda hingga anda log out.

SYNCHRONIZE DARI BROWSER LAIN SELAIN OPERA

Jika anda menggunakan komputer atau device dengan browser yang tidak support dengan Opera Link, anda bisa tetap mengakses Informasi sinkronisasi browser opera anda di link.opera.com untuk log in di Opera Link versi Web. Dengan begitu anda tetap bisa mengakses data – data anda seperti bookmark, notes dsb bahkan bisa anda akses dengan browser apapun selain browser opera.

Opera Link Versi Web

Opera Link Versi Web

Masih ada banyak fitur – fitur opera lainnya dan bisa anda gunakan agar browsing anda dengan Opera 10 lebih optimal. Kita akan menjelajahi fitur Opera 10 yang lain pada tutorial selanjutnya yaitu Optimasi dan Menjelajahi fitur browser Opera 10 (bagian 2), Stay Tune at PG for the other high Quality of Computer and IT Tutorial :)

Best Regards

EKO PUSPO C Admin PusatGratis

© Original & High Quality Tutorial By EKO PUSPO C

Related posts:

  1. Opera 10 : Browser Berkecepatan Turbo Pusatgratis – Opera telah merilis browser versi terbarunya yaitu Opera...
  2. Tips Optimasi Browser Internet Explorer 8 (Bagian 1) Pusatgratis – Browser Internet Explorer 8 merupakan browser keluaran terbaru...
  3. Tips Optimasi Browser Internet Explorer 8 (Bagian 2) Pusatgratis – Kemarin telah saya tulis tips dan tutorial bagaimana...

Opera 10 : Browser Berkecepatan Turbo

Posted: 24 Sep 2009 06:07 PM PDT

Opera 10

Opera 10

Pusatgratis – Opera telah merilis browser versi terbarunya yaitu Opera 10. Opera versi 10 ini diklaim oleh vendor resmi Opera dengan browser yang memiliki kecepatan turbo. Memang berbagai fitur baru yang ditanamkan dipadu dengan peningkatan beberapa fitur sebelumnya membuat browser Opera 10 ini cocok jika disebut browser berkecepatan turbo.

Opera 10 dilengkapi dengan Opera Turbo Compression yang akan meningkatkn kecepatan saat browsing dengan koneksi internet yang lemah. Fitur Opera turbo ini bisa membuat browser ini memiliki kecepatan 2 kali lebih cepat saat dipakai browsing dengan kecepatan internet yang pas – pasan (100 kbps). Fitur Opera Turbo ini bisa anda setting agar aktif secara otomatis saat kecepatan internet anda lemah atau turun drastis sehingga kecepatan browsing anda dapat tetap terjaga secara otomatis.

Fitur Opera turbo ini terasa bermanfaat saat dipakai di Hotspot area yang sedang ramai atau saat memakai koneksi internet dengan kecepatan yang pas – pasan seperti yang saya gunakan saat ini. Selain mempercepat proses browsing, fitur Opera Turbo ini juga akan menghemat kuota internet anda karena menggunakan metode kompresi data. Fitur Opera Turbo ini mampu mengkompresi ukuran halaman web hingga 80% lebih kecil. Ini akan menghemat biaya internet anda khususnya bagi pengguna internet dengan batasan kuota (volume based).

Fitur Opera Turbo ini compatible dengan semua halaman websie. Diaktifkannya fitur Opera Turbo tidak akan mengubah tampilan desain dan layout web site, tetapi hanya akan mempercepat loadingnya saja. Opera Turbo akan menjadikan flash content seperti video Youtube dan Sebagainya di load hanya saat anda klik. Selain itu Opera Turbo akan mengkompresi dan mengurangi ukuran gambar sehingga halaman web akan jauh lebih cepat saat diakses dan hemat biaya. Namun demikian anda akan tetap bisa melihat gambar dengan kualitas maksimalnya jika anda menginginkannya. Cukup klik kanan gambar yang anda inginkan dan pilih menu “Reload Image in Full Quality” maka anda akan melihat gambar tersebut dengan kualitas yang maksimal.

Opera 10 ini menggunakan engine Presto 2.2 yang memiliki kecepatan hingga 40% lebih cepat saat digunakan di halaman aktif intensif seperti Gmail dan facebook. Fitur yang hebat tidak membuat Opera melupakan desain dan tampilan browser terbarunya ini. Opera 10 didesain dengan tampilan baru yang elegan oleh desainer kelas atas, Jon Hicks.

Semua fitur diatas masih merupakan sebagian kecil dari fitur baru di Browser Opera 10. Masih ada banyak fitur lainnya sudah tersedia dan siap anda gunakan. Untuk menjelajahi semua fitur baru berikut fungsi masing – masing fitur tersebut, akan saya bahas di tutorial berikutnya, dengan judul Optimasi dan Menjelajahi fitur browser Opera 10. Stay Tune at PG :)

Download Opera 10 | Lisensi : Gratis | Size : 8,66 Mb

Best Regards

EKO PUSPO C Admin PusatGratis

© Original Tutorial By EKO PUSPO C

Related posts:

  1. Turbo Connect Koneksi internet anda lambat?? proses download anda lemot?? bahkan browsing...
  2. Opera Mini 4.2 “Browser mobile terpopuler di dunia dengan pengguna lebih dari 20...
  3. Tips Optimasi Browser Internet Explorer 8 (Bagian 1) Pusatgratis – Browser Internet Explorer 8 merupakan browser keluaran terbaru...

0 komentar:

Posting Komentar