Cari Blog Ini

Opera Mail : Buka dan Baca Email saat Offline pun bisa

on Senin, 19 Oktober 2009

Mengenal Protokol Email : POP Versus IMAP


POP versus IMAP

POP versus IMAP

Pada tutorial yang sebelumnya yaitu Opera Mail : Buka dan Baca Email saat Offline pun bisa, anda sering sekali menemukan kata POP dan IMAP. Apakah sebenarnya POP dan IMAP itu? Apa kegunaannya? Apa perbedaannya? dan mana yang terbaik diantara keduanya? Bagi anda yang belum tahu mungkin muncul pertanyaan semacam itu. Untuk itu berikut ini saya bagikan semua seluk beluk POP dan IMAP, mulai dari pengertian, fungsi, perbedaan hingga mana yang terbaik dari keduanya.

POP (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol) sama – sama merupakan protocol yang bermanfaat saat digunakan untuk mengakses Email pada komputer remote. Perbedaan mendasar antara POP dan IMAP terletak di metode komunikasinya dengan Komputer Remote.

Saat digunakan untuk mengakses email di komputer remote, POP bekerja dengan cara mendownload email ke komputer anda sedangkan IMAP bekerja dengan mensinkronasikan server email dengan komputer anda dengan data email tetap berada di server email kita. Dengan kata lain POP berkomunikasi dengan komputer remote secara satu arah, sedangkan IMAP berkomunikasi dengan komputer remote secara dua arah.

Tentu saja hal ini menyebabkan pemenang antara POP vs IMAP adalah IMAP dimana IMAP akan mensinkronisasikan server email dan komputer remote / device lain secara dua arah yang sebenarnya folder email tetap berada di server email tapi anda bisa mengakses nya secara penuh di komputer remote atau device lainnya. Setiap perubahan yang terjadi di server email akan terdeteksi oleh komputer remote dan akan terjadi penyesuaian atau sinkronisasi untuk menyamakan kondisi keduanya.

Berbeda dengan IMAP, POP hanya akan mendownload folder email ke komputer remote yang kita gunakan dan tidak akan terjadi penyesuaian jika kemudian ada perubahan folder email di email server.

Jika dibandingkan secara detail maka akan terlihat seperti ini :

POP
Email harus didownload terlebih dahulu sebelum ditampilkan sehingga memiliki beberapa kelemahan seperti :
1. Anda harus mendownload lagi dari awal secara berulang – ulang jika menggunakan komputer remote yang lainnya.

2. Hal ini tentu saja menyulitkan anda yang menggunakan Email Client di komputer remote yang berbeda, misalkan saja di rumah dan di kantor.

Terkadang email yang sudah didownload di komputer remote akan terhapus di komputer server tergantung dari setting Email client, jika ini terjadi maka saat anda menggunakan komputer remote lainnya, anda tidak bisa mengakses semua email anda secara penuh.

IMAP
Email masih tersimpan di server email sehingga :
1. Tidak perlu mendownload semua email dari awal jika menggunakan komputer remote lain. Perubahan yang dilakukan di komputer remote satu akan berdampak pada email server dan komputer remote lainnya.

2. Sangat mudah dalam mengidentifikasi Email yang belum terbaca.

3. Sinkronisasi antara server email dan PC remote akan selalu terjadi secara otomatis sehingga yang kita akses di komputer remote adalah kondisi email secara real time yang ada di email server.

———————————————————————————————————————————————

POP
Semua Email dan file Attachment akan terdownload secara menyeluruh saat melakukan cek email dari Email client.

IMAP
Pesan yang didownload hanya pesan yang anda akses saat itu untuk ditampilkan di komputer remote. Lebih praktis, cepat dan hemat waktu.

———————————————————————————————————————————————

POP
Mailbox hanya bisa ditambahkan di komputer remote. sedangkan di server hanya ada satu mailbox yaitu inbox saja.

IMAP
Multiple mailbox bisa ditambahkan di PC remote seperti halnya di email server.

———————————————————————————————————————————————-

POP
Filter hanya dapat dilakukan di komputer remote saja.

IMAP
Filter dapat dilakukan di semua mailbox baik itu di komputer remote maupun di email server.

———————————————————————————————————————————————-

POP
Outgoing Email hanya akan tersimpan secara lokal di komputer remote.

IMAP
Outgoing Email bisa tersimpan secara realtime di email server dan bisa diakses oleh komputer remote manapun menggunakan IMAP.

———————————————————————————————————————————————

POP
Anda hanya mengatur email di komputer lokal saja..saat anda menghapus sebuah email, maka hanya email di komputer remote saja yang terhapus, sedangkan di email server tetap ada dan harus anda hapus secara manual.

IMAP
Anda bisa mengatur email server di komputer remote secara real time. Saat anda mengapus email di komputer remote, maka anda juga telah menghapusnya dari Email server.

————————————————————————————————————————————————

POP
Butuh waktu yang lama untuk reload email dari email server ke komputer remote.

IMAP
waktu reload email jauh lebih cepat dari POP dan sinkronisasi antara email server dan komputer remote akan selalu terjadi secara otomatis saat anda melakukan aktivitas di komputer remote anda.

————————————————————————————————————————————————-

Tidak semua penyedia Email gratisan memberikan fitur POP dan IMAP secara gratis. Yahoo mengharuskan kita membayar $19,99 per tahun jika kita ingin menggunakan fitur POP miliknya. Namun Google berani memberikan fitur POP dan IMAP sekaligus secara gratis kepada penggunannya, dan tentu saja fitur IMAP gratis inilah yang harus anda manfaatkan karena lebih menguntungkan.

Semoga informasi sederhana ini bermanfaat dan bisa membuat kita bisa memanfaatkan secara maksimal setiap hal gratis yang kita temukan di internet :)

Best Regards

EKO PUSPO C Admin PusatGratis

© Original Tutorial By EKO PUSPO C

Related posts:

  1. Opera Mail : Buka dan Baca Email saat Offline pun bisa Pada tutorial Optimasi dan Menjelajahi Fitur Browser Opera 10...
  2. Cara Ngebom Email Lewat Email Semenjak internet merambah lapisan masyarakat di Indonesia tidak sedikit masyarakat...
  3. MENGENAL VIRUS SERI MENGENAL VIRUS ala PUSATGRATIS (bagian 1) bagi kamu...

Opera Mail : Buka dan Baca Email saat Offline pun bisa


Opera Mail

Opera Mail

Pada tutorial Optimasi dan Menjelajahi Fitur Browser Opera 10 (bagian 1), kita telah mempelajari tentang bagaimana menggunakan dan mengoptimalkan Opera 10 melalui fiturnya yaitu Opera Turbo dan Opera Link. Kini pada tutorial Optimasi dan Menjelajahi Fitur Browser Opera 10 (bagian 2), kita akan mempelajari salah satu fitur Opera 10 lainnya yang bisa kita optimasi, yaitu Opera Mail. Jika anda belum memiliki Opera 10, silahkan download disini

Opera Mail

Opera Mail adalah fitur yang ada di Opera 10 dimana merupakan sebuah email client yang terpaket menjadi satu dengan browser Opera 10. Ini membuat Opera 10 saat ini menjadi browser komunikasi yang lebih baik daripada browser – browser lainnya. Opera Mail bisa terintegrasi untuk account – account email populer seperti Google, Yahoo, AOL dan yang lainnya.

Cara Mengaktifkan Opera Mail di browser Opera 10 :

A. Bagi Pengguna Gmail

1. Aktifkan POP atau IMAP di account Gmail anda, caranya login ke gmail anda kemudian pilih menu setting -> Forwarding and POP/IMAP -> centang Enable pada POP Download and IMAP Access dan klik save changes

Aktifkan POP atau IMAP Access di Gmail Anda

Aktifkan POP atau IMAP Access di Gmail Anda

2. Buka Opera 10 anda dan klik Tools -> Mail and Chats Account, setelah anda klik maka akan muncul notifikasi untuk create account, klik Ok

Buka Browser Opera 10

Buka Browser Opera 10 klik Tools -> Mail and Chats Account

Pilih Email dan Klik Next

Pilih Email dan Klik Next

3. Pilih Email dan klik Next

Pilih Email dan klik Next

Pilih Email dan klik Next

4. isi data – data yang diperlukan. Real name adalah nama yang akan menjadi nama di form email yang anda kirim nantinya, Email address adalah alamat gmail anda, Organization adalah nama organisasi anda, bisa anda pilih bisa juga tidak. Kemudian klik Next

Isi data - data yang diperlukan

Isi data - data yang diperlukan

5. Masukkan password gmail anda dan centang POP atau IMAP (disarankan IMAP) dan klik Finish

Masukkan Password Gmail anda

Masukkan Password Gmail anda

6. Proses telah selesai, namun untuk memaksimalkan sinkronisasi antara Opera Mail dan Gmail anda via IMAP access, maka masuklah ke Mail -> IMAP Folders, kemudian hilangkan centang di [Gmail]/All , Mail[Gmail]/Spam dan [Gmail]/trash untuk mengurangi akses yang tidak perlu dan mempercepat kerja anda dengan Opera Mail

Pilih Mail

Pilih Mail -> IMAP Folder

Hilangkaan Centang

Hilangkaan Centang yang tidak perlu

B. Bagi Pengguna Yahoo Mail

Bagi pengguna Yahoo Mail gratisan, sayang sekali terjadi problem saat saya akan mengaktifkan POP email, dimana ternyata yahoo mengharuskan kita Upgrade ke Yahoo Mail Plus dengan tarif $19,99 untuk mengaktifkan fitur POP access nya. Jadi bagi anda pengguna Yahoo gratisan, anda belum beruntung :)

Saran saya..beralihlah ke Gmail untuk email utama anda, dan yahoo mail cukup untuk YM saja..Jadi anda tidak perlu membayar $19.99 setahun untuk menikmati POP access dari yahoo, karena Gmail memberikannya secara gratis :). Dengan service Yahoo yang kurang..tidak heran jika Google lah yang menjadi penguasa dunia maya saat ini.

Saran saya Gunakan Gmail daripada bayar 19,99$ per tahun :)

Saran saya Gunakan Gmail daripada bayar 19,99$ per tahun :)

Namun Bagi anda yang sudah menggunakan Yahoo Mail Plus, anda bisa mengaktifkan Opera Mail anda untuk account Yahoo Mail anda dengan cara :

1. login ke email Yahoo anda dan pilih Options -> Mail Options -> pilih POP & Forwarding kemudian aktifkan.

2. Buka Opera 10 anda dan klik Tools -> Mail and Chats Account, setelah anda klik maka akan muncul notifikasi untuk create account, klik Ok

3. Pilih Email dan klik Next

4. isi data – data yang diperlukan. Real name adalah nama yang akan menjadi nama di form email yang anda kirim nantinya, Email address adalah alamat gmail anda, Organization adalah nama organisasi anda, bisa anda pilih bisa juga tidak. Kemudian klik Next

5. Masukkan password Yahoo Mail anda dan pilih Regular E-mail (POP)

Anda juga bisa mengimpor Email dari Email Clients yang lain seperti outlook Express, Thunderbird, Eudora, Netscape mail dsb dengan cara :

1. Pilih Tools -> Mail and Chat Accounts
2. Klik Add dan pilih Import email
3. Pilih Email Client yang akan anda import
4. Piliuh folder dimana pesan anda tersimpan
5. Pilih account yang menjadi tujuan import anda, anda juga bisa membuat account baru
6. atur setting import, contact, message yang ada
7. Klik import untuk mulai mengimport.

Menggunakan Opera Mail memiliki beberapa kelebihan antara lain :

Offline access
Anda tetap bisa membuka dan membaca email saat tidak terkoneksi dengan internet, Opera Mail akan mensinkronisasi account email anda dan komputer anda sehingga email – email anda akan dipindahkan ke hardisk secara otomatis saat anda Online.

Low Bandwidth mode
Opera Mail Didesain khusus untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi atau memiliki koneksi internet yang pas – pasan. Sehingga dengan Opera Mail ada tetap bisa mengakses email dengan nyaman. saat anda mengaktifkan Low Bandwidth mode, maka Opera Mail hanya akan mensinkronisasikan Informasi dan email yang anda butuhkan secara efektif.

Untuk mengaktifkan Low Bandwidth Mode, berikut ini saya bagi tutorialnya :

1. Klik Tools -> Mail and Chat Account

Klik Tools

Klik Tools ->Mail Chat Account

2. Pilih Account

Pilih Account

Pilih Account

3. Pilih Edit -> Account Properties
4. Setelah itu akan keluar sebuah tab, pilih tab Incoming dan tambahkan centang di menu low bandwidth Mode, klik Ok

Beri Centang pada low Bandwidth Mode

Beri Centang pada low Bandwidth Mode

Semua Account Menjadi satu
Anda punya banyak email dengan account yang berbeda – beda? Opera Mail membuat anda tidak perlu login ke masing – masing account untuk melihat email. Semua bisa anda jadikan satu di Opera Mail. Tentu saja ini akan menghemat waktu anda.

Opera Mail bisa anda gunakan untuk account email populer seperti Gmail, Yahoo, AOL dan sebagainya

Smart Spam Filter
Smart spam filter pada Opera 10 akan secara otomatis melakukan blocking spam dan memasukkannya dalam spam box. Smart Spam Filter ini juga akan “belajar dari anda” setiap anda memasukkan email ke dalam spam box. Smart Spam Filter akan mempelajari karakteristik email tersebut dan akan melakukan filter spam di saat – saat berikutnya secara otomatis. Ini juga akan mempercepat kerja anda.

View dan Filter cerdas
Opera Mail hadir dengan View dan Filter yang cerdas yang akan mempelajari karakteristik email yang anda butuhkan dan tidak. View dan Filter cerdas ini akan belajar dari anda saat anda berinteraksi dengan mereka :p

Unread Folder
Opera Mail akan menampilkan email yang belum anda baca. Saat anda sudah membaca, tandai email tersebut bahwa sudah dibaca, maka email tersebut akan disembunyikan dari tampilan inbox. Namun anda tetap bisa mengaksesnya kapanpun anda mau. Hal ini akan membuat anda mudah membaca email yang belum anda baca.

Pencarian email termasuk cepat dan lebih cepat dari client email lainya

Follow atau Ignore Thread dan Contact
dengan fitur ini, anda bisa memilih dan memilah email mana yang anda acuhkan dan mana yang anda ikuti agar anda bisa merespon email tersebut dengan maksimal berdasarkan topik atau orang yang menurut anda lebih penting dan butuh respon maksimal.

Filter Attachments
Fitur ini memungkinkan anda untuk mencari dan melihat file attachment yang anda cari, semisal gmbar, dokumen atau file kompresi dengan spesifik.

Tentu saja Gratis 100% :)

Akhirnya selesai juga Tutorial Opera Mail yang merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya, Optimasi dan Menjelajahi Fitur Browser Opera 10 (bagian 1) ini. 3 Jam sudah waktu yang saya gunakan dalam membuat tutorial ini..mulai dari menyiapkan gambar, menulis posting hingga mengedit tulisan agar tidak terjadi kesalahan..semoga tutorial ini bermanfaat buat semuanya :). Tapi masih tersisa beberapa fitur Opera 10 yang belum terungkap, Jika tidak diungkap maka mungkin saja kita tidak tahu dan tidak memanfaatkannya. Untuk itu pada Stay Tune di PG untuk tutorial berikutnya. Warez sometimes are Good..but Free Mostly better :)

Best Regards

EKO PUSPO C Admin PusatGratis

© Original Tutorial By EKO PUSPO C

Related posts:

  1. Optimasi dan Menjelajahi fitur browser Opera 10 (bagian 1) Pusatgratis - Melanjutkan dari Posting sebelumnya mengenai Opera 10 :...
  2. Opera 10 : Browser Berkecepatan Turbo Pusatgratis – Opera telah merilis browser versi terbarunya yaitu Opera...
  3. Cara Ngebom Email Lewat Email Semenjak internet merambah lapisan masyarakat di Indonesia tidak sedikit masyarakat...

Picasa 3.5 : Versi Baru Software Editing Foto dari Google


Google Picasa kini dilengkapi Name Tags

Google Picasa kini dilengkapi Name Tags

Google telah mengupdate picassa menjadi Picassa 3.5. Picasa adalah software gratis keluaran google yang bisa anda gunakan untuk edit dan organize gambar atau foto anda, serta untuk sinkronisasi dan share gambar maupun foto anda tersebut di Picassa Web Albums, situs foto sharing milik google.

Picasa 3.5 ini sekarang telah ditambahkan fitur name tags berdasarkan dengan teknologi terbaru yang ada di Picassa Web Albums yaitu Power Name Tags. Dengan adanya fitur name tags ini, maka anda bisa mengorganisir gambar dan foto anda berdasarkan tag apapun yang anda inginkan.

Picasa 3.5 ini juga memiliki fitur Geotag dimana anda bisa memberikan geotag menggunakan Google Maps dengan mudah. Proses import foto dari kamera digital dan menguploadnya ke Picassa Web Albums juga menjadi lebih cepat dan hanya membutuhkan satu langkah saja.

Dengan Picasa versi terbaru ini anda bisa :
1. organize dan edit foto di hardisk anda dengan mudah. Anda juga bisa mengimpor gambar dari kamera digital anda secara cepat.

2. Anda bisa berbagi foto dengan menguploadnya di Picasa Web Albums dengan cara memilih file dan klik Upload.

3. Memberi name tags di foto anda dengan menggunakan Picasa 3.5 atau langsung melalui Picasa Web Albums

Paduan antara Picassa 3.5 dan Picassa Web Albums akan memberikan anda fasilitas pengaturan, organisasi gambar, pengeditan serta share foto secara mudah dan tentu saja..Gratis !! :)

Pada Posting berikutnya akan saya bahas tutorial mengenai semua fitur baru di Picasa 3.5 ini. Stay tune at PG yup :)

Download Google Picasa 3.5 | Lisensi : Gratis | Size : 9,2 Mb | Sistem Operasi : Windows XP / VISTA / 7

Best Regards

EKO PUSPO C Admin PusatGratis

© Original Tutorial By EKO PUSPO C

Related posts:

  1. Google Mengembangkan Produk Baru Bernama “Fast Flip” Pusatgratis – Raksasa internet google sedang mengembangkan produk baru yang...
  2. Mengubah Ukuran Foto Sekaligus dengan Pixresizer Jika anda memiliki banyak foto atau gambar dan ingin mengubah...
  3. Google Chrome 3 Telah Dirilis Pusatgratis – Hari ini Google Chrome 3 telah dirilis. Google...

0 komentar:

Posting Komentar